Sate Kere - Makanan Khas Solo

Assalamualaikum semuanyaa!!!

Di post ini aku mau bahas tentang sate kere. Apa itu sate kere?? Kenapa dinamain kere, dibuat dari apa, pokoknya all about sate kere deh. Kenapa aku bahas sate kere? Karna i think belum semua orang tau sate kere. Dan jujur aja aku baru tau di tahun 2017 kemarin maka dari itu aku mau share biar kalian yang belum tau jadi tau. Jadi yukk simakk

Pertama tamaa, apa itu sate kere??
Kere sendiri di jawa artinya tidak punya apa-apa atau kasarnya miskin. Yang kita tau, sate biasa dibuat dari daging. Entah daging ayam, sapi, kelinci atau yang lain. Tapi pada jaman dulu gak semua orang mampu buat bikin sate dari daging. Jadi mereka bikin sate dari tempe gembus. Tempe gembus sendiri adalah makanan hasil fermentasi dari ampas tahu. Ampas sendiri artinya sisa. Jadi sisa dari pengolahan tahu itu diolah kembali atau difermentasi menjadi tempe gembus ini.
Kreatif bukan orang jaman dahulu? Ampas tahu yang semula tidak menarik apabila dimakan karena merupakan sisa bisa diolah menjadi makanan yang layak konsumsi dengan tampilan yang menarik.
Meskipun terbuat dari ampas tahu, sate kere ini mengandung serat yang tinggi dibandingkan dengan tempe biasa. Akan tetapi untuk kandungan protein dan lemaknya tidak sebanyak dengan tempe biasa.

Selain temepe gembus, sate kere biasa disajikan dengan jeroan. Jeroan artinya bagian dalam atau daleman. Jadi sate jeroan ini isinya organ-organ dalam seperti hati, paru, usus dan lain sebagainya. Menarik bukan?

Sate kere disajikan seperti sate pada umumnya yaitu dengan bumbu kacang dan lontong/nasi. Tetapi sate kere biasa dengan citarasa yang pedas karena campuran cabai pada bumbu kacang yang ada sehingga rasanya lebih nendang di mulut.

Tempe gembus - Tempe kedelai biasa

Jeroan


Gimana? Unik bukan? Makanan ini merupakan makanan khas solo (surakarta) jadi jika kalian tertarik bisa langsung kunjungi kota solo yaa;3


Komentar

Postingan Populer