Resep Chocolava

Assalamualaikum semuanyaaa!!!

Sesuai dari judulnya yaa, disini aku mau bagi resep chocolava dan juga ada sedikit tips dari aku. Jadi gimana sih cara bikin chocolava yang gampang dan cepet? tanpa basa basi panjang langsung aja yapp
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Ini hasil jadi dari resep yang aku bikin


Bahan :
- Chocolate batangan 120gram
- bubuk chocolatos (setengah bungkus)
- Susu kental manis 2sdm
- margarin secukupnya


Bahannya sedikit kaann. Hemat bahan dan hemat uang juga karna bisa bikin chocolava sendiri. Klo beli diluar kan biasanya mahalπŸ˜…

Caranyaaaaaa nihh

1. Lelehkan coklat batangan dengan margarin yang ada.
    Disini aku pakenya dark coklat dari tulip

2. Lelehan yang ada ditambahkan dengan bubuk chocolatos dan susu kental manis.
Disini aku pake nya setengah bubuk doang dan 2sdm susu kental manis(SKM). Karna manis-manis semua jadi gak pake banyak-banyak.
Terus aduk rata tuh semua nyaa. Sebenernya gak harus pake bubuk chocolatos bisa sih. Pake bubuk bangbang bisa, pake bubuk susu coklat biasa juga bisa. Terserahh. SKM nya juga bebas mau merk apa. Seadanya

3. Masukkan adonan coklat kedalam cetakan.
Cetakannya terserah kalian mau gimana. Seadanya kalian aja. Disini aku pake cetakan yang kecil karna gak punya yang besar. Jadi anggep saja "mini chocolava"
Ohiya, sebelum masukin adonan ke cetakan jangan lupa buat ngolesin cetakan dengan margarin. Biar gak lengket dan gampang buat dikeluarin dari cetakan. Pas masukin adonan dan udah sampek setengah dari wadah cetakan, aku masukin juga sedikit potongan coklat batangan biar semakin lumer. Baru deh masukin lagi adonannya. Tp jangan full banget ya. Biar waktu ngembang adonannya gak tumpah. Klo tumpah nanti malah gak jadi.

4. Kukus cetakan sekitar 3-5 menit.
 "Apa gak terlalu sebentar?"
 Enggak kokk. Karna waktu aku bikin itu aku ngukus selama 6 menit dan hasilnya kurang begitu meleleh. Karna klo semakin lama dikukus adonan yang ada malah akan jadi brownies. Jadi kisaran 3-5 menit aja udah cukup. Atur api dengan baik juga. Jangan terlalu besar

5. Keluarkan chocolava dari cetakan.
  Be carefull ya gaes. Karna klo enggak malah rusak jadi hancur deh.

6. Chocolava siap disantap
 Disini aku pake sisa susu kental manis buat dasarnya itu dan coklat batangan yang ada aku parut dan taruh diatasnya. Jadi dehh...
Bisa juga pake taburan gula halus diatasnya biar warnanya lebih cantik. Disini warnanya coklat semua jadi kurang cantikπŸ˜… tapi untuk rasa tetep enak dong alhamdulillah. Karna cetakanku kecil jadinya banyak. Tapi aku lupa jadinya berapa cetakan. Yang jelas lebih dari 5. Klo hasilnya mau gak banyak bisa ngurangin takaran coklat batangannya
Gak sempet foto pas dibelah:(

Mudah kan? Selamat mencoba yaa! Good luck

Komentar

Postingan Populer